Bebas Dilakukan di Indonesia, 4 Hal Ini Dilarang Keras di Korea Selatan



Indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan cukup kebebasan bagi masyarakat. Mulai dari tata cara berjualan, sampai kehidupan sehari-hari kamu bisa bebas melakukan apa saja, asal nggak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan aturan di sejumlah negara lain. Jangankan berjualan, merokok pun ada aturannya.
Salah satu perbandingannya adalah aturan yang ada di Korea Selatan. Di Indonesia, kamu bebas melakukan keempat hal ini tanpa dibatasi hukum. Tapi di Korea Selatan, jangan harap bisa melakukannya tanpa terjerat hukum.

1. Membuat tato di seniman tato

via 10mag.com
Memiliki tato bukanlah hal yang dilarang di Korea. Tapi, untuk punya tato, kamu harus mengunjungi dokter yang memiliki lisensi medis. Seniman tato tanpa lisensi dilarang keras beroperasi.
Bandingkan dengan di Indonesia, kamu bisa mendapatkan tato di manapun kamu inginkan. Baik itu seniman tato atau dokter berlisensi, nggak ada yang mempermasalahkan, bukan?

2. Merokok di tempat umum

via flickr.com
Sering terganggu dengan asap rokok saat di tempat umum? Sepertinya kamu harus pindah ke Korea. Pemerintah setempat menetapkan larangan untuk merokok di ruang publik. Mulai dari restoran, stasiun, pertokoan, atau kawasan wisata akan selalu terbebas dari asap rokok.
Nah, kalau tetap ngotot merokok di tempat umum? Siap-siap aja membayar denda yang nggak sedikit.

3. Jualan di pinggir jalan

via danielfooddiary.com
Soal makanan, Indonesia memang juara. Mulai dari masakan Jawa, masakan Padang, sampai jajan 500-an, bisa kamu dapatkan dengan mudah di warung atau abang yang lewat di depan rumah.
Di Korea, jangan harap kamu bisa beli jajanan murah meriah di pinggir jalan. Sejak 2011, berjualan di pinggir jalan adalah hal ilegal dan melanggar hukum.

4. Game online

via nbcnews.com
Punya adik atau keponakan di rumah? Mereka udah bisa main game online belum? Atau malah udah punya akun pribadi untuk login ke game online?
Kalau di Indonesia bisa sebebas itu bermain game online, Korea Selatan punya aturan tersendiri soal ini. Pemerintah setempat membatasi akun anak di bawah usia 16 tahun untuk terhubung ke server game Korea. Selain itu, juga diberlakukan jam bebas game, yakni jam 12 dini hari hingga 6 pagi.
Dibalik aturan game online ini, ternyata pemerintah Korea bertujuan untuk mencegah kecanduan internet dan game online. Seperti yang kamu tahu, nggak sedikit kasus bully dan kematian gara-gara kecanduan game online.

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH