Potret Pendidikan Di indonesia

Pemerataan pendidikan ditanah air dapat perhatian sejak lama, pemerataan pendidikan ini mencakup 2 aspek penting yaitu persamaan kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan keadilan dalam mengenyam pendidikan. Akses pendidikan yang merata berarti semua penduduk usia sekolah telah mendapatkan kesempatan secara sama dan adil. Tapi data diindonesia menunjukan masih buruknya pemerataan pendidikan ini.



Data terakhir dari hasil survey BPS dan bank Dunia pada 2011 menunjukan hal ini. Ditemukan bahwa didaerah pedesaan presentase sekolah dengan memiliki guru yng berpendidikan sarjana, memiliki laboratorium, dan memiliki perpustakaan selalu lebih rendah dari rata rata nasional. Dn presentase angka ini lebih buruk lagi untuk wilayah maluku dan papua.



menurut ahli pendidikan dari lembaga ilmu pendidikan indonesia (LIPI), hal ini disebabkan karena persoalan kapasitas sumber daya tenaga pendidik serta alokasi biaya untuk sarana dan prasarana yang tidak memadai. Tak hanya itu, undang undang tata kelola pendidikan menengah yang diserahkan kepada pemerintah daerah kurang dapat menyelesaikan masalah.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan menyatakan, pemerintah sudah mengupayakan berbagai hal, agar pemerataan pendidikan adil dan berkualitas.

Diantaranya:
1. Digelar sistem sekolah terbuka
2. pembangunan serat optik yang akan dimanfaatkan pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi

Pemerintah juga menggenjot distribusi guru didaerah pedesaan dan wilayah terpencil. Salah satu caranya, pemerintah meningkatkan gaji guru dipelosok, sehingga lebih tinggi dari guru yang ditempatkan dikota. Hal ini diharapkan bisa mengurangi kesenjangan pendidikan dipelosok.

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

BETAPA PENTINGYA KULIAH