Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2018

Setelah kemarin saya membahas tentang tata cara pendsaftaran SNMPTN 2018, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana tata cara pendaftaran SBMPTN 2018, karena mungkin kalian banyak yang tidak lolos jalur tersebut, dan pilihan kedua adalah kalian harus daftar melalui jalur SBMPTN. Bagi kalian yang masih bingung, bagaimana alur pendaftarannya, artikel saya kali ini akan sangat membantu. Yuhhhhh, langsung saja.. 

Langkah - langkah :

1. Masukan alamat laman pendaftran SBMPTN 2018, yaitu "pendaftaran.sbmptn.ac.id"
atau kalian bisa klik https://sbmptn.ac.id tersebut.

2. Setelah kamu klik link diatas, mka kamu akan masuk pada menu pendaftaran, disitu ada dua kotak, berwarna biru dan hijau, bagi yang jalur reguler, biasanya belum mempunyai KAP & PIN, maka klik kotak yang biru, dan bagi calon pendaftar bididkmisi, biasanya sudah mempunyai KAP & PIN, maka langsung klik yang hijau untuk log in.

3. Selanjutnya, bagi pendaftar reguler, akan diperintahkan supaya mengisi data untuk mendapatkan KAP & PIN, dan jangan lupa, nama dan dan tanggal lahir harus sama persis seperti di ijazah, lalu isi kode captcha, lalu klik daftar.

4. Selanjutnya, ada akan mendapatkan KAP & PIN dan kode pembayaran, namun pastikan nama dan tanggal lahir yang tertera, sesuai dengan nama yang ada di ijazah.  Guna kode pembayaran itu untuk membayar pendaftaran SBMPTN, yang bisa dibayarkan lewat bank mitra, yaitu MANDIRI, BNI, BTN. Dan selain itu, disitu akan ada tulisan "pembayaran harus dilakukan sebelum tanggal...(sekian), itu artinya, anda harus membayar pendaftaran sebelum jatuh tanggal yang sesuai dengan yang tertera disitu, sebab, kalau sampai melewati tanggal, maka kode pembayaran tersebut sudah tidak dapat dipakai lagi.

5. Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpan slip pembayaran, dengan cara klik kanan pada slip pembayaran, lalu klik save image as. Selanjutnya, diatas slip pembayaran, ada dua kotak kecil warna biru, dengan tulisan cetak dan keluar, maka kamu klik cetak, untuk mencetak slip pembayaran, dan slip pembayaran, sebaiknya dicetak dengan mode landscape, dengan cara klik tulisan propertis, yang tertera dilayar.

6. Setelah semua proses sudah, jangan lupa klik kotak biru tulisan keluar. Setelah itu,  sesegera mungkin, anda melakukan pembayaran di bank mitra, yaitu MANDIRI, BNI, BTN dengan membawa slip pembayaran, agar bisa melakukan pendaftaran SBMPTN 2018,  proses pemilihan ptn, prodi, dan lain, hampir sama seperti saat pendaftaran SNMPTN yang sudah saya tulis kemaren.

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH