TAK DISANGKA, TERNYATA BANYAK MAKANAN YANG KITA SUKAI BISA MEMBUAT BODOH, KO BISA YA?

Tak Disangka, Ternyata Makanan Ini Bisa Membuat Bodoh!

Makanan sangat dibutuhkan oleh manusia agar kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu apa yang dimakan akan turut menentukan pertumbuhan baik dari segi fisik ataupun perkembangan otak seseorang. Oleh karenanya memperhatikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh sangat diperlukan.

Karena nutrisi memegang peranan yang sangat penting untuk perkembangan otak. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi, hal tersebut tentu saja baik bagi perkembangan tubuh dan otak Anda. Begitupun sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi makanan secara sembarangan tanpa memikirkan kandungan nutrisinya, bisa jadi kesehatan dan perkembangan otak Anda akan terganggu.
Apalagi jika Anda memiliki anak yang masih kecil dan masih dalam tahap perkembangan, tentunya Anda tak ingin mereka kurang mendapatkan nutrisi yang berakibat pada terganggunya tumbuh kembang anak!
Dilansir dari theasianparent.com (retrieved, 13/02/2018), untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak sebaiknya hindari memberikan dan mengkonsumsi makanan yang bisa membuat bodoh berikut ini:
1. Makanan Tinggi Gula (Permen dan Minuman Bersoda)

Makanan dengan kandungan gizi yang tinggi sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Selain bisa memicu obesitas, tingginya gula yang terdapat dalam permen dapat merusak otak anak.
Dalam satu penelitian yang digagas oleh UCLA, menemukan bahwa kelebihan fruktosa dapat menghambat insulin untuk mengolah gula. Hal tersebut menyebabkan kinerja otak menjadi lambat dan terganggu serta mempengaruhi mood anak.
2. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji tidak memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan tubuh, bahkan makanan ini mengandung pengawet dan garam berlebih yang berpengaruh buruk pada tubuh. Bukan rahasia lagi jika makanan cepat saji dapat menyebabkan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan serangan jantung.
Untuk itu hindari memberikan makanan cepat saji pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, karena ditakutkan gizi harian tidak terpenuhi dan hal tersebut akan menghambat perkembangan otaknya.
3. Makanan Olahan

Theasianparent.com
Tingginya zat kimia berbahaya seperti pengawet, adiktif, pewarna dan rasa buatan pada kebanyakan makanan olahan akan sangat mempengaruhi perkembangan otak. Memakan makanan olahan setiap hari dalam jangka waktu yang lama akan menpengaruhi perilaku dan fungsi kognitif.
4. Permen Karet

Alodokter.com
Dilansir dari tempo.co (26/12/2016), sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan fakta yang mengejutkan. Bahwa permen karet ternyata memiliki dampak buruk dan memberikan gangguan pada memori jangka pendek seseorang. Tindakan mengunyah permen karet dipercaya dapat menurunkan konsentrasi serta memori seseorang.
5. Popcorn
Cnn.com
Ternyata popcorn memiliki kandungan senyawa asam perfluorooctanoic (PFOA) yang juga ditemukan dalam teflon dan panci. Hal itu bisa mempengaruhi fertilitas, berat badan, dan menyebabkan gangguan belajar.
Karena dalam pop corn mentega biasanya dicampur dengan diacetyl (DA), bahan kimia yang bisa memecah lapisan sel yang melindungi otak.
Meskipun kecerdasan otak dipengaruhi oleh beberapa faktor, tak ada salahnya untuk selalu memperhatikan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita. Agar nutrisi tubuh terpenuhi dan tumbuh kembang tak terganggu.


Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH