SOLUSI KEKERASAN TERHADAP ANAK

       


           Kasus kekerasan pada anak, sudah sering kita dengar, bahkan mungkin ada pembaca yang sudah pernah merasakan kekerasan. namun jangan salah, biasanya yang melakukan tindak kekerasan bukanlah orang yang jauh dari kita, malahan justru yang melakukan tindak kekerasan itu adalah kerabat terdekat, atau bahkan orang tua sendiri.

         Sebagai orang tua, sudah seharusnya menjaga dan melindungi keberlangsungan hidup seorang anaknya, namun sekarang, bukan hanya ada, tapi banyak sekali orang tua yang lupa akan tugas wajibnya, justru malah menyeleweng jauh dari tugas dasarnya, yang harusnya memberi kasih sayang, justru malah memperlakukan anak dengan kasar, bahkan sampai ada orang tua yang membunuh anaknya, hanya karna masalah ekonomi, atau masalah masalah lainnya.



Tindakan pencegahan diperlukan untuk menekan tingkat frekuensi kekerasan yang melanggar keberadabannya sesama manusia. Kiat yang bisa dilakukan untuk itu adalah:

1.Bantu Anak Melindungi Diri Berikan pemahaman dan ajarkan anak untuk menolak segala perbuatan yang tidak senonoh dengan segera meninggalkan di mana sentuhan terjadi. Ingatkan anak untuk tidak gampang mempercayai orang asing dan buat anak untuk selalu menceritakan jika terjadi sesuatu pada dirinya.
2.Pembekalan Ilmu Bela Diri bela diri dapat digunakan untuk membela diri sendiri dari ancaman-ancaman yang ada. Namun tetap harus diberikan pengarahan bahwa ilmu bela diri dipelajari bukan untuk melakukan kekerasan.
3.Maksimalkan Peran Sekolah
Sekolah harus memiliki fungsi kontrol sosial, yakni sekolah memiliki assessment (penilaian) terhadap perilaku anak. Sekolah juga harus menggagas aktivitas-aktivitas internal sekolah yang bersifat positif1.Pendidikan Budi PekertiSalah satu solusi untuk mencegah krisis moral yang melanda di kalangan generasi penerus adalah mengajarkan budi pekerti, baik di rumah maupun di sekolah.
4.Laporkan kepada Pihak Berwajib
Hal ini bertujuan agar segera diambil tindakan lebih lanjut terhadap tersangka dan mengurangi angka kejahatan yang sama terjadi.

       Mungkin karena krisis moral di Indonesia, maka marak terjadinya kasus yang melanggar dan menyimpang dari nilai pancasila. Contohnya adalah kasus kekerasan terhadap anak. Pelaku dari kasus ini bisa disebabkan oleh lingkungan sekitar anak, terutama orang tua.Dengan terjadinya kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam rumah tangga, maka di perlukan suatu upaya-upaya untuk menanggulangi terjadinya kekerasan terhadap anak. Upaya-upaya tersebut dapat berupa tindakan preventif yaitu penguatan keluarga, aspek spiritual, dan peran serta pemerintah dalam penegakkan hukum. Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi jumlah korban kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam rumah tangga. Sebab anak merupakan generasi penerus bagi keluarga, marga (claim/suku), bahkan bagi bangsa dan negara ini, apabila hal ini dibiarkan maka bangsa ini akan kehilangan generasi penerus di masa yang akan datang.Oleh sebab itulah perlunya kita memahami makna dari sila-sila pancasila. Apa maksud dan tujuannya sehingga kita dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Dan Indonesia menjadi tenteram, aman dandamai.

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH