solusi bagi anak yang kurang mampu tapi ingin kuliah

           Assalamu'alaikum wr wb

           Mungkin sebagian orang masih kesulitan untuk bisa menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dikarenakan berbagai macam faktor, tapi faktor yang paling menonjol adalah faktor EKONOMI, karena semakin tinggi jenjang pendidikan yang ingin ditempuh maka semakin mahal pula biaya pendidikannya. Sehingga menyebabkan mereka yang mungkin dari segi ekonomi kurang mampu, lebih memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya.
   
           Padahal semua orang itu mempunyai hak pendidikan yang sama dan semua orang itu berhak sukses dengan pendidikan, namun sekali lagi, karna masalah biaya, mereka melupakan  hak mereka untuk kuliah. Padahal kalau mereka bersungguh sungguh untuk bisa melanjutkan pendidikan (kuliah), masih banyak sekali cara, misalnya bisa kuliah sambil kerja, atau mencari beasiswa pendidikan dari pemerintah, salah satu beasiswa paling terkenal adalah beasiswa BIDIKMISI. Saya sendiri adalah salah satu contoh orang yang sangat beruntung bisa mendapatkan beasiswa BIDIKMISI itu.


           Sedikit berbagi pengalaman, saya mungkin adalah salah satu  orang miskin paling beruntung karena bisa mendapatkan BIDIKMISI, awalnya saya juga tidak mungkin bisa kuliah, selain karna saya orang miskin, orang tua saya pun sudah tua dan sudah tidak memungkinkan lagi bagi beliau untuk bisa menguliahkan saya. Namun karena tekad dan keinginan saya untuk kuliah itu sangat besar, akhirnya saya cari cara bagaimana saya bisa kuliah, tanpa biaya dari orang tua sepeserpun.

            Jadi, bidikmisi itu adalah beasiswa yang diperuntuka untuk anak kurang mampu namun dari segi akademik dia berprestasi, dan bisa didapatkan di universitas negri maupun swasta yang sudah direkomendasi dari pemerintah. Namun biasanya, universitas yang dipercayai untuk mengelola bidikmisi itu adalah universitas yang unggul, baik dari segi SDM maupun SDA nya. Jika seseorang mendapatkan beasiswa bidikmisi itu, di universitas manapun dia kuliah, biaya pendidikannya benar benar geratis 100% dan bahkan mendapat pesangon dari pemerintah perbulannya. Jadi menurut saya, bidkmisi adalah jalan terbaik bagi anak anak yang kurang mampu tapi berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya.

           Jadi kesimpulannya, kuliah itu mudah, banyak sekali jalan untuk mewujudkannya, dan tidak ada alasan untuk tidak kuliah, asal ada kemauan dan tekad yang kuat, pasti alloh bakal kasih jalan keluarnya.

wassalamu'alaikum, w.r w.b


Nb : bagi teman teman yang mungkin ingin menyanyakan sesuatu terkait dengan pendidikan, silahkan tanyakan dikolom komentar, dengan senang hati, saya akan berusaha menjawabnya.

Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH