jalur masuk perguruan tinggi

Assalamu'alaikum wr wb          

            Haloooo....  para pembaca dimanapun kalian berada, pada postingan kali ini, saya akan memberi tau jalur apa apa saja yang bisa kalian gunakan untuk masuk perguruan tinggi, baik negri maupun swasta. Tapi lebih khususnya yang akan saya bahas adalah jalur masuk PTN atau perguruan tinggi negri diseluruh indonesia. Banyak sekali jalur yang bisa kalian gunakan untuk masuk perguruan tinggi, tapi sebelum kalian mendaftar, harus dipastikan kalian adalah siswa atau siswi SMA/MAN/SMK kelas 12 loh yaa, jangan masih kelas 10 udah mau daftar kuliah, kan gak lucu, ... hahaaa.

          Oke langsung saja, gak usah kebanyakan intro, kita langsung masuk ke topik pembahasan. Mungkin dari tahun ketahun jalur masuk perguruan tinggi itu kurang lebih sama, yaitu ada 3, Hadir pada peresmian pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, para Rektor PTN seluruh Indonesia, serta Wakil dari beberapa Sekolah SMA/SMK/MA.

Berdasar regulasi yang telah ditetapkan, jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN tahun 2018 dirinci menjadi tiga yaitu;
1. Jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), jadi seleksi ini hanya menggunakan nilai, tidak melalui tes tertulis, jadi kalian tidak perlu menguras banyak tenaga, karna tidak perlu datang langsung ke PTN tujuan anda untuk melakukan pendaftaran. Namun karena ini adalah pendaftaran online dan ditujukan untuk para siswa diseluruh indonesia, tentunya akan banyak sekali saingannya. Tapi jangan minder dulu, karna yang namanya rezeki gak bakal kemana, apa salahnya untuk mencoba. Dan ini adalah jadwal elngkap snmptn 2018.


Jadwal SNMPTN
Pengisian dan Verifikasi PDSS13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi17 April 2018

2. Jalur SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa. Biasanya akan mendaftar lewat jalur ini, apabila mereka gagal diterima lewat jalur snmptn tadi, dan ini juga seleksi nasional, saingannya berat juga, tapi kalian gak perlu takut, kalau kalian yakin insya alloh pasti bisa. Dan berikut adalah jadwal lengkap pendaftaran SBMPTN tahun 2018.


Adapun kerangka waktu pelaksanaan SBMPTN 2018 diatur sebagai berikut:


1. Pendaftaran online UTBC dan UTBK 5 April – 27 April 2018.
2. Pelaksanaan UTBC dan UTBK 8 Mei 2018.
3. Ujian Keterampilan 9 dan/atau 11 Mei 2018.4. Pengumuman Hasil Seleksi 3 Juli 2018.

3. Seleksi Mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN. Dan ini adalah jalur terakhir bagi kalian yang ingin masuk perguruan tinggi negri, peraturan dan jadwalnya biasanya masing masing ptn itu berbeda. adi jadwal lengkapnya bisa dilihat diwebsite ptn yang ingin kalian masuki.



      Mungkin itu saja pembahasan postingan kali ini, semoga ini bermanfaat bagi pembaca semua, mengenai proses pendaftaran ataupun cara pendaftarannya, akan saya jelaskan di postingan berikunya. Daaaaaaa...

Wassalamu'alaikum wr wb



Nb : apabila ada yang kurang jelas, atau teman teman pengin menyakan sesuatu, silahkan tanyakan dikolom komentar. terimakasih



Comments

Popular posts from this blog

Dapatkan kesuksesan dengan berusaha keras

Potret Pendidikan Di indonesia

BETAPA PENTINGYA KULIAH